Thursday, January 8, 2015

5 Tempat Untuk Melihat Bintang di Indonesia

Melihat bintang atau stargazing adalah pengalaman yang sangat mempesona dan memorable. Menghabiskan waktu dengan mengintip apa yang Tuhan sembunyikan di langit dengan teleskop . Lalu mengabadikan aliran Milky Way yang mengawasi kita di langit dengan slow-shutter-speed camera. Ada beberapa spot tempat agar kamu bisa melakukan stargazing di Indonesia, berikut di antaranya.

1.Maros, Sulawesi Selatan
kamu tidak perlu khawatir jika Maros cukup ramai dan merupakan daerah yang berpenduduk. Hanya satu jam perjalanan dari Makassar, desa Maros menjadi salah satu stargazing spot yang paling mudah diakses. Memiliki wajah alam berupa hutan mangrove di sepanjang sungai di Rammang-Rammang kamu bisa menikmati stargazing dengan dibalut lanskap bebatuan karst dan hutan di sekitarnya. Ketika matahari terbenam kamu bisa mulai perburuan benda angkasa dalam cahaya blue hour.

2.Candi Borobudur, Jawa Tengah
 
Dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra, terdapat mitos yang meliputi situs batu raksasa ini. Mitos tersebut berkata bahwa situs candi dibangun di bawah kondisi astronomis tertentu dan bahwa posisi stupa dan reliefnya menggambarkan gerakan benda angkasa pada musim tertentu. Di Candi Borobudur yang memiliki ketinggian yang cukup baik, kamu bisa menyaksikan gemerlap bebintangan tanpa gangguan polusi cahaya.

3.Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat
Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan menikmati bentangan bintang yang luar biasa jelas di pantai yang tidak ada polusi cahaya sedikit pun. kamu bisa melihat cakrawala dengan jelas tanpa tertutup benda-benda tinggi seperti daratan atau bangunan, dan artinya kamu bisa melihat bintang-bintang dengan nyaman. Pulau Moyo cenderung mudah diakses dan cukup terisolasi sehingga menjadikannya salah satu stargazing spot terfavorit.

4.Kawah Ijen, Jawa Timur
Memang di kawasan Indonesia yang tropis tidak bisa ditemukan pemandangan aurora yang sangat indah. Bagaimanapun Kawah ijen memiliki api biru yang dihasilkan dari kandungan sulfur dalam danau. Ketika terbakar muncul semacam cahaya yang berwarna biru, merah, dan hijau pada malam hari.kamu bisa melihat banyak sekali bintang-bintang yang mulai terbit ketika blue hour dari pinggiran kawah.

5.Taman Nasional Lorentz, Papua
Taman nasional ini merupakan salah satu tempat yang paling terisolasi di Indonesia. Hanya bisa diakses dengan speedboat dari Mimika Timur, tanpa ada jalan raya, jaringan telepon, dan listrik. Membuat pengalaman stargazing di Taman Nasional Lorentz menjadi pengalaman yang sangat luar biasa. kamu bisa melihat kemegahan piramida Kartenz yang diterangi dengan cahaya bintang yang luar biasa banyak.

Sebelum kita melakukan kegiatan ini, perlu dipersiapkan beberapa peralatan penting yang wajib dibawah untuk digunakan, yaitu : teleskop dan kamera DSLR. Tanpa mereka, hidup ini hampa...eh, sia - sia ding...
sumur

No comments:

Post a Comment